Latar Belakang

I. Dasar Pelaksanaan Kegiatan

Penyelenggaraan Seleksi Daerah BPSMI Jawa Tengah Tahun 2018 Tangkai Lomba Monolog didasarkan atas pemikiran yang sama yang melandasi penyelenggaraan Peksiminas tahun 2018 di Yogyakarta, yaitu :

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 Perubahan PP 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaandan Penyelenggaraan Pendidikan.
  3. Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 26/Dikti/Kep/1988 tentang Pola Pengembangan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA)
  4. Keputusan Direktur jenderal Pendidikan Tinggi nomor 95/Dikti/Kep/2011 tanggal 23 Desember 2011 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI).
  5. Surat keputusan Direktur pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Selakku Ketua Umum PP BPSMI tentang penetapan penyelenggaraan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV tahun 2018.

II. Tema

” Merajut Budaya Nusantara “.

III. Maksud dan Tujuan

Seleksi Daerah BPSMI Jawa Tengah Tahun 2018 Tangkai Lomba Monolog diadakan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler kemahasiswaan di perguruan tinggi melalui pembinaan minat, bakat, dan kemampuan mahasiswa, khususnya di bidang seni.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni dikalangan Mahasiswa untuk memperkaya Seni Budaya Bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing bangsa.
  3. Menjalin kerjasama antara mahasiswa dan berbagai daerah untuk mempererat rasa persaudaraan, dalam rangka keutuhan NKRI.